Jumat, 26 Januari 2018

Gambar potensi pertanian Desa Padurungan. Kec. Tanah Merah
Padurungan merupakan salah satu desa di Kecamatan  Tanah Merah. Desa ini bisa dikatakan sebagai desa yang strategis karena keberadaan desa yang berada di pinggir jalan. Selain itu jarak dari Kecamatan Tanah  Merah kurang lebih 3km ke arah timur.   
             Desa Padurungan adalah desa yang bisa dikatakan tidak begitu luas karena hanya memiliki 4 (empat) dusun yaitu dusun tengah, dusun, laok songai, dusun kembang, dan dusun bara’alah. Dari keempat dusun tersebut Dusun tengah bisa dikatakan sebagai pusat pemerintahan, pusat perkumpulan atau tempat musyawarah desa Padurungan karena di dusun tersebutlah tempat kediaman kepala desa Padurungan yang sekarang dipimpin oleh Bapak Syaifullah.
            Dalam sektor pertanian desa Padurungan memiliki banyak potensi antara lain potensi dalam bentuk tanaman padi, ketela pohon, kacang tanah, jagung dan dalam sektor sumber daya alam yaitu bambu, pisang, kapuk, rambutan, dan durian. Tetapi segala potensi yanga ada tersebut belum mendapatkan pengolahan tersendiri oleh masyarakat.
Potensi sumber daya alam desa Padurungan dapat dilihat dari mayoritas mata pencaharian penduduk desa Padurungan yaitu sebagai petani. Dengan luas pertanian 175 Ha, terdiri dari tanah jenis tadah hujan dengan produktivitas padi, kacang tanah, jagung, ketela pohon. Selain sebagai petani, masyarakat juga ada yang berprofesi sebagai pedagang baik dengan membuka toko atau berjualan di pasar.

Post a Comment: